Senin, 01 Agustus 2011

International Folklore Festival 2011 in Banda Aceh


Untuk yang pertama kalinya di Indonesia, Aceh mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan event  Kesenian rakyat Internasional 2011 (International Folklore Festival 2011 ) di Kota Banda Aceh. Acara yang dilaksanakan dari tanggal 23 – 28 Juli 2011 ini diikuti oleh 10 (sepuluh) negara. Mereka akan menampilkan kesenian yang merupakan cerita rakyat atau dongeng yang dimainkan secara berkelompok dari negara masing-masing. 
Tari Suffi Turki
Kanada Performance
Acara ini diikuti oleh negara Turki, Polandia, Pakistan, Italia, Indonesia, Kanada, Srilanka, Malaysia, Lithuania dan Estonia. Rencananya Afrika Selatan dan Srilanka akan ikut serta juga di acara ini, namun saat defile peserta di Panggung Utama Taman Ratu Safiatuddin pada acara pembukaan, kehadiran peserta dari kedua negara tersebut masih belum terlihat.
Kontingen Malaysia

Indonesia-Aceh
Di acara pembukaan Aceh International Folklore Festival 2011 ini, Turki dan Pakistan hadir dengan konsep musik sufi. Masyarakat Aceh tentu tidak asing lagi dengan musik sufi ini, karena masyarakat Aceh sebenarnya sudah mewarisinya dengan Rabani Wahid dari Samalanga, Aceh Utara. Terpilihnya Aceh sebagai tuan rumah sekaligus mewakili Indonesia dalam event ini karena telah tampil memukau  pada saat International Folklore Festival tahun 2010 yang diadakan di kota Yalova.
Polandia ber"SAMAN"
Italia Dance Performance
Estonia Performance
Tujuan dari kegiatan  International Folklore Festival yakni  semangat mempersatukan negara-negara di dunia melalui seni dan budaya. Folklore Festival bermula di negara-negara Eropa, salah satunya adalah Perancis. Di Perancis sendiri, International Folklore Festival telah berusia lebih 40 tahun. Taman Putroe Phang, Taman Sari Banda Aceh, Taman Ulee Lheu dan Taman Ratu Safiatuddin akan menjadi  tempat gelaran kesenian rakyat Internasional ini.
Lithuania Performance

Chaiya-chaiya ala Pakistan

Srilanka Closing Performance

Sumber foto:    http://www.facebook.com/visitbandaaceh2011
                         http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9827887
                  http://perhubungan.bandaacehkota.go.id/

           

Leave a Reply

Bagi kawan VBAY11 CONNECTOR, Terima kasih telah membaca artikel di atas. Semoga bermanfaat. Silahkan comment di sini ya. Thanks atas kerja samanya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

Enter your email address:

VBA Connector


Locations of visitors to this page